Senin, 26 April 2021
Senin, 30 November 2020
PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH SMA TAMANSISWA PADANG TAHUN 2020/2021
Penilaian Kinerja Kepala Sekolah atau lebih disingkat dengan (PKKS) merupakan kegiatan rutinitas tahunan untuk menilai Kinerja dari Kepala Sekolah, karena Kepala Sekolah yang professional dapat merumuskan sebuah mutu lulusan dari sekolah yang dipimpinnya.
Kepala Sekolah sebagai pimpina tertingi di dalam suatu sekolah mempunyai tugas yang kompleks dan sangat menentukan maju mundurnya suatu sekolah.
Pelaksanaan penilaian kinerja dimulai pada 30 November 2020 yang Alhamdulillah dapat terlaksana dengan baik dan lancar.
Ucapan terima kasih disampaikan kepada Staf administrasi, Guru serta Pengawas Sekolah Ibuk Elni, MSi dan Bapak Drs. Idam Khair, M.PdE yang telah memberikan masukan dan semangat untuk memajukan SMA Tamansiswa Padang pada masa yang akan datang.
Rabu, 05 Agustus 2020
Cara Verifikasi Akun Guru PTK GTK di Dapodik 2021
UPDATE 05-08-2021. 22.00 WIB !!! VERIFIKASI AKUN PTK SUDAH BISA DILAKUKAN, SILAHKAN IKUTI LANGKAH-LANGKAH DI BAWAH
Pada Aplikasi terbaru Dapodik 2021, setiap GTK baik guru maupun tenaga kependidikan diharuskan mempunyai akun aktif dan harus di verifikasi. Jika tidak diverifikasi maka akun GTK tersebut akan dihapus secara otomatis oleh sistem dari database dapodik. Dampak dihapusnya akun yaitu antara lain: GTK tidak memiliki akun lagi dan tidak bisa login ke aplikasi yang mengharuskan login dengan menggunakan akun GTK masing-masing.
Menu membuat dan verifikasi akun PTK ini sendiri berbeda dengan aplikasi dapodik sebelumnya, jika sebelumnya akun guru atau PTK bisa diubah, diganti dan ditambah di Aplikasi Dapodik, sekarang sudah tidak bisa lagi. Untuk mengubah akun setiap GTK diharuskan mengubah dan memverifikasinya secara online.
Sebelum membuat akun PTK dan mengubahnya, terlebih dahulu sebaiknya operator mempersiapkan hal-hal berikut :
- Email PTK yang aktif dan bisa dibuka (email ini adalah email pribadi dari masing-masing PTK, bukan kewajiban operator untuk membuat emailnya)
- Jaringan Internet yang lancar.
- Usahakan untuk tidak membuat akun ptk pada jam-jam sibuk, karena ada kemungkinan server sedang diakses oleh banyak orang sehingga susah bagi operator untuk mengaksesnya.
CARA MENGGANTI EMAIL AKUN PTK DAPODIK 2021
Mengganti atau mengubah Akun PTK dan di Manajemen Dapodik ini dilakukan oleh Operator Sekolah. Berikut langkah-langkahnya :
- Buka laman sp.datadik.kemdikbud.go.id
- Login dengan menggunakan Akun dan Password Operator sekolah
- Setelah masuk ke Beranda, Klik menu Akun
- Jika ingin mengedit/mengubah dan mengganti akun PTK, klik Daftar Akun
- Di Jenis Akun pilih PTK
- Klik Tampilkan, maka disana akan ditampilkan akun GTK yang sudah ada seperti gambar diatas.
- Untuk mengubah email dan password, silahkan pilih nama GTK kemudian klik icon pensil dibelakangnya, maka akan muncul gambar tampilan:
- Masukkan Email dan Password yang akan digunakan untuk akun PTK tersebut
- Setelah selesai memasukkan email dan password, silahkan klik update.
- Masih di laman yang sama, di menu akun pilih tambah akun
- Jenis akun pilih PTK
- Pilih nama PTK yang akan dibuat akunnya
- Masukkan email aktif dan Masukkan password
- Klik simpan
Jumat, 24 Juli 2020
Rilis Aplikasi Dapodik Versi 2021
- Kepala Dinas Pendidikan Provinsi
- Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi
- Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
- Kepala LPMP
- Kepala PP/BP PAUD dan Dikmas
- Kepala PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan PKBM
- [Pembaruan] Penyesuaian aplikasi setelah penggabungan antara Dapo PAUD-Dikmas dan Dapodikdasmen.
- [Pembaruan] Penambahan data rinci PAUD khusus untuk jenjang PAUD.
- [Pembaruan] Penambahan Program dan Layanan untuk jenjang PKBM dan SKB.
- [Pembaruan] Penambahan tabulasi sertifikasi PD pada data rinci peserta didik untuk jenjang SMA dan SMK
- [Pembaruan] Penambahan referensi status desa berdasarkan Kepmendikbud Nomor 580/P/2020.
- [Pembaruan] Penambahan fitur tarik data pada proses sinkronisasi guna menurunkan semua perubahan yang terjadi hanya pada data yang berada di server.
- [Pembaruan] Penambahan metode penarikan data pada API web service.
- [Pembaruan] Penambahan atribut tanggal mulai dan tanggal selesai pada isian rombongan belajar untuk PKBM dan SKB.
- [Pembaruan] Penambahan security pada aplikasi.
- [Pembaruan] Penambahan fitur untuk mengisi e-form kesiapan satuan pendidikan.
- [Pembaruan] Penambahan fitur untuk mengecek dan membuka Aplikasi PMP.
- [Pembaruan] Integrasi output data hasil PPDB daerah.
- [Pembaruan] Kelulusan bersama pada tingkat akhir untuk kelas TK B, 6, 9 dan 12/13.
- [Pembaruan] Generate ulang kode registrasi sekolah untuk jenjang PAUD.
- [Perbaikan] Perubahan instrumen sanitasi sesuai target SDGs.
- [Perbaikan] Penonaktifan kurikulum 2006 (KTSP) dan wajib menggunakan kurikulum 2013. Bagi SMK wajib menggunakan kurikulum 2013 REV.
- [Perbaikan] Perubahan proses bisnis perekaman GTK untuk pertama kali dikelola oleh Pusdatin.
- [Perbaikan] Perubahan proses bisnis pembuatan/perubahan akun GTK untuk jenjang SMP, SMA, SMK dan SLB.
- [Perbaikan] Perubahan proses bisnis bagi SMK tingkat 10 wajib memilih jurusan kompetensi keahlian.
- [Perbaikan] Perubahan proses bisnis bagi SMK yang diperkenankan membuka kelas terbuka hanya pada tingkat 12 saja.
- [Perbaikan] Perbaikan validasi pada GUI pada saat mengeluarkan siswa yang aktif.
- [Perbaikan] Perbaikan pengisian rombongan belajar praktik pada jenjang SMK.
- [Perbaikan] Perbaikan pengisian formulir pada peserta didik.
- [Perbaikan] Perbaikan pengisian formulir pada GTK
- [Perbaikan] Perbaikan fitur ubah pada ruang praktik kerja/bengkel pada jenjang SMK.
- [Perbaikan] Penyesuaian formulir pada halaman registrasi.
- [Perbaikan] Penutupan isian akreditasi prodi pada jenjang SMK.
- [Perbaikan] Perubahan proses bisnis pengisian tingkat kerusakan bangunan.
- [Perbaikan] Perubahan proses bisnis pengisian tingkat kerusakan ruang.
- [Perbaikan] Perubahan proses bisnis pengisian riwayat pendidikan formal kualifikasi S1 pada GTK.