Jumat, 16 Agustus 2024

Rilis Aplikasi Dapodik Versi 2025

Yth. Bapak/Ibu 

  1. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi 
  2. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota 
  3. Kepala BBPMP dan BPMP 
  4. Kepala Satuan Pendidikan PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, PKBM, SKB dan SLB 

di seluruh Indonesia 

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, 

Salam sejahtera bagi kita semua, 

Dengan hormat kami sampaikan bahwa dalam rangka pemutakhiran Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah telah melakukan integrasi data serta pembaruan pada Aplikasi Dapodik versi 2025 untuk satuan pendidikan, sehingga dapat digunakan untuk pengumpulan data semester 1 tahun ajaran 2024/2025 di bidang Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, Pendidikan Khusus, dan Pendidikan Kesetaraan. 

Satuan Pendidikan diharapkan memprioritaskan pendataan Peserta Didik Semester 1 Tahun Ajaran 2024/2025 dengan status Naik Kelas terlebih dahulu dan selanjutnya peserta didik baru, serta melakukan isian partisipasi BOSP. Perubahan dan pembaruan ini merupakan upaya untuk menyelaraskan prosedur dan mekanisme pendataan Dapodik. Berdasarkan Permendikbudristek No. 63 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan, disampaikan bahwa Satuan Pendidikan harus mengisi dan melakukan pemutakhiran Dapodik sesuai dengan kondisi riil di Satuan Pendidikan paling lambat tanggal 31 Agustus anggaran sebelumnya. 

Selain daripada itu dalam rangka menindaklanjuti terbitnya peraturan Permendikbudristek nomor 47 tentang Standar Pengelolaan pada PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Pasal 8 bahwa Satuan Pendidikan Dalam menyusun perencanaan kegiatan pendidikan yang memuat kurikulum dan pembelajaran, Satuan Pendidikan menetapkan jumlah Peserta Didik pada setiap rombongan belajar dan jumlah rombongan belajar pada setiap Satuan Pendidikan. 

Aplikasi Dapodik versi 2025 dirilis dalam bentuk Installer, maka satuan Pendidikan harus melakukan uninstall Aplikasi Dapodik versi sebelumnya terlebih dahulu. 

Berikut Langkah instalasi Aplikasi Dapodik versi 2025: 

  1. Unduh file installer Aplikasi Dapodik versi 2025
  2. Lakukan instalasi Aplikasi Dapodik; 
  3. Refresh browser (ctrl+F5); 
  4. Lakukan registrasi; 
  5. Pastikan proses registrasi berhasil; 
  6. Isi username dan password; 
  7. pilih semester 2024/2025; 
  8. klik tombol Masuk; 
  9. Pastikan tampilan Aplikasi Dapodik sudah versi 2025; 
  10. Lakukan input data sesuai kondisi riil; 
  11. Login Akun Kepala Sekolah 
  12. Klik tombol sinkronisasi. 

 

Berikut adalah daftar perubahan pada Aplikasi Dapodik versi 2025: 

  1. [Pembaruan] Penambahan proses bisnis dalam pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka (dapat dilakukan secara bertahap atau serentak). 
  2. [Pembaruan] Penambahan atribut jabatan GTK di Penugasan GTK. 
  3. [Pembaruan] Penambahan fitur penginputan nomor ijazah dan nomor Surat Keterangan Melek Aksara (SUKMA) bagi peserta didik yang telah lulus. 
  4. [Pembaruan] Penambahan validasi usia peserta didik di jenjang kesetaraan (PKBM dan SKB). 
  5. [Pembaruan] Perubahan instrumen Pendidikan Anti Korupsi (PAK) di menu Beranda. 
  6. [Perbaikan] Penonaktifan fitur salin penugasan di menu GTK (dilakukan otomatis oleh sistem). 
  7. [Perbaikan] Penonaktifan fitur kenaikan kelas di menu Rombongan Belajar untuk satuan pendidikan pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2024/2025. 
  8. [Perbaikan] Perbaikan penginputan format NIK pada formulir peserta didik dan GTK. 
  9. [Perbaikan] Perbaikan profil guru di menu GTK. 
  10. [Perbaikan] Validasi jumlah peserta didik per rombongan belajar (sesuai Permendikbudristek Nomor 47 Tahun 2023). 
  11. [Perbaikan] Validasi jumlah rombongan belajar paralel (sesuai Permendikbudristek Nomor 47 Tahun 2023). 
  12. [Perbaikan] Validasi jumlah jam maksimal Praktik Kerja Lapangan (PKL) di jenjang SMK. 
  13. [Perbaikan] Validasi usia peserta didik berkebutuhan khusus di jenjang PAUD. 
  14. [Perbaikan] Penonaktifan isian riwayat jabatan pendidik/tenaga kependidikan, riwayat jabatan fungsional, dan kompetensi pada menu data rinci GTK. 
  15. [Perbaikan] Penyesuaian referensi mata pelajaran di jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK (sesuai Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024). 
     

Demikian informasi yang kami sampaikan. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih. 

 

Salam Satu Data Pendidikan Indonesia, 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

 

Admin Dapodik 


Link Download

Sumber : disini

Share:

Senin, 06 Mei 2024

Kelulusan Siswa/i SMA Tamansiswa Padang Kelas XII TP. 2023/2024





NoNamaNISNKeterangan
1ANNISA REGITA CAHYANI0078890716LULUS
2ANNISA SALSABILA0055909855LULUS
3DINDA AFRIANI0053146729LULUS
4FAREL PRATAMA0061900884LULUS
5HELWA SALSABILA URFA3053511018LULUS
6JENI ADITYAWARMAN0069685183LULUS
7LALOUIE HENING RELIGI HUTABARAT0065261987LULUS
8NABILLA PUTRI0066704573LULUS
9NADA FITRIYA0055272028LULUS
10SYAHBILA AMAR3065774727LULUS
11WAHYU RULSANTIO0049736216LULUS
12YARNI SUSANTI0045735374LULUS
13YELFI HIDAYATUN HASANA0043955233LULUS
14YOGI DWI PUTRA0047778303LULUS


Catatan : Bagi siswa/i yang tidak ada namanya, silahkan hubungi Walikelasnya. Terimakasih
Share:

Rabu, 06 Desember 2023

Rapor SP Versi 2024

 


Haloo bapak ibu Admin Rapor SP, Guru dan Wali kelas di seluruh Indonesia yang dengan setia menggunakan Aplikasi Rapor SP, seiring dengan berjalannya waktu dan masukan serta permintaan pengguna dengan penambahan fitur Rapor SP, maka dalam kesempatan yang berbahagia ini, saya selaku pengembang aplikasi rapor SP ingin membagikan Instaler dan Updater Rapor SP Versi 2024 yang telah mengakomodir berbagai masukan pengguna agar nantinya dapat dimanfaatkan untuk manajemen rapor baik untuk Kurikulum Merdeka maupun Kurikulum 2013 sesuai perkembangan PPA terbaru (Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka maupun Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum 2023).

Daftar Perubahan yang tersedia pada aplikasi Rapor SP Versi 2024 

  • Menambah fitur cetak buku induk.
  • Menambah Fitur cetak transkrip nilai.
  • Penambahan Fitur integrasi nilai rapor bagi pengguna layanan LMS dari Afresto
  • Perbaikan pengelompokan mapel dalam proses rekap nilai
  • Perbaikan fitur Cek Online User
  • Perbaikan fitur backup restore data.
  • Perbaikan sistem penyusunan deskripsi ketercapaian kompetensi dalam proses nilai sumatif.
  • Update sistem internal.
  • Penambahan fitur pendataan, untuk kebutuhan pendataan pengguna aplikasi.
  • Update link panduan dan link info aplikasi.

Panduan Update Aplikasi Rapor SP V.2024

Untuk pengguna Rapor-SP versi 2023.F dan 2023.F*

  • Untuk sekolah yang sebelumnya sudah melakukan instalasi Rapor SP Versi 2023.F atau 2023.F* lakukan langkah-langkah berikut :
  • Tutup aplikasi Rapor SP
  • Download Updater Rapor SP V.2023 to 2024 (Link ada di bawah)
  • Matikan antivirus selama proses instalasi.
  • Install Updater Rapor SP V.2023 to 2024 (tunggu hingga selesai)
  • Bersihkan cookies dan cache pada browser
  • Selesai, 
  • Silahkan dicoba untuk diakses lagi sesuai panduan (rekomendasi menggunakan browser seperti Google Chroome, Microsoft Edge, Opera tanpa plugin)

Untuk Pengguna Baru

Untuk sekolah yang baru menggunakan, silahkan lakukan langkah-langkah berikut.
  • Download instaler Rapor SP V.2024 (Link ada di bawah)
  • Matikan antivirus selama proses instalasi.
  • Pastikan bahwa anda menggunakan Windows 64bit dan terinstall browser (Misalnya Google Chroome, Microsoft Edge, Opera ) yang fresh (rekomendasi tanpa plugin).
  • Install aplikasi Rapor SP V.2024 (Run As Administrator)
  • Tunggu sampai proses instalasi selesai
  • Restrat kompoter (jika diperlukan)
  • Selesai.
  • Silahkan dicoba untuk diakses lagi sesuai panduan (rekomendasi menggunakan browser seperti Google Chroome, Microsoft Edge, Opera tanpa plugin)
  • User dan password admin standar adalah (user : administrator Password : administrator)

Link Download Aplikasi Rapor SP V. 2024:


Sumber : disini

Share:

Kamis, 22 Juni 2023

PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) TP. 2023/2024


PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DI SMA TAMANSISWA PADANG TP. 2023/2024 TELAH DIBUKA.....

Utuk pendaftaran online bisa atau datang langsung ke Kampus Perjuangan Kebangsaan SMA Tamansiswa, Jl. Tamansiswa No. 9 Padang

Beasiswa :

  • Program Indonesia Pintar (PIP)
  • Beasiswa Perkumpulan Keluarga Besar Tamansiswa (PKBTS)
  • Beasiswa Baznas
  • Beasiswa Inisiatif Zakat Indonesia (IZI)
  • Beasiswa Rajawali

Adapun berkas yang harus dilengkapi :
  1. Photocopy Ijazah atau SKL yang telah dilegalisir sebanyak 3 lembar
  2. Photocopy Kartu Keluarga sebanyak 1 lembar (yang jelas)
  3. Photocopy Akta Kelahiran
  4. Photocopy NISN
  5. Phastfoto warna terbaru ukuran 3x4 sebanyak 4 lembar
  6. Photocopy Rapor SMP/MTS/Sederajat
  7. Photocopy Kartu Indonesia Pintar (KIP), Program Keluarga Harapan (PKH) jika ada


Share:

Jumat, 12 Mei 2023

MKKS Gelar Bimtek Penyusunan KOSP SMA Swasta Se-Kota Padang


Bimtek Teknis Penyusunan
Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP)
Kepala Sekolah, Wakil Kurikulum, dan TPK SMA Swasta Se-Kota Padang
Share:

PAPAN PENGUMUMAN

Pengumuman Kelulusan Siswa/i SMA Tamansiswa Padang dapat dilihat di web sekolah Tanggal 6 Mei 2024 Pukul 21.00 Wib. Terimakasih

Kepala Sekolah

Reny Sifat, S.Pd
NIP YYS. 2003.1999.2

Kontak Sekolah

Telp : 0751 - 40408 / 7053654
 Email : admin@smatamsispadang.sch.id
Selengkapnya

Info Sekolah

Materi Ajar

Info Alumni

Galeri Foto

Sponsor

UNBKSIMPKBPIPVervalpdDHGTKBidikmisiSNMPTNKemdikbud

Label

(PPDB) SMA TAMANSISWA PADANG TP. 2023/2024

(PPDB)SMA TAMANSISWA PADANG TP. 2023/2024

HUT Tamansiswa Ke-100