Senin, 27 April 2020

Referensi Baru “Pelaksana PBJ” Pada Aplikasi Dapodikdasmen



Yth. Bapak/Ibu

1. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi
2. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
3. Kepala LPMP
4. Kepala SD, SMP, SMA, SMK dan SLB
di seluruh Indonesia


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Guna memberikan acuan kepada Satuan Pendidikan agar pelaksanaan pengadaan barang/jasa oleh satuan pendidikan dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah merilis Permendikbud Nomor 14 tahun 2020 Tentang Pedoman Pengadaan Barang/Jasa Oleh Satuan Pendidikan. Permendikbud tersebut juga dimaksudkan agar pelaksanaan PBJ di Satuan Pendidikan dilakukan secara efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

Sesuai petunjuk dalam Permendikbud, Pelaku PBJ Satuan Pendidikan terdiri atas Pelaksana dan Penyedia. Pelaksana PBJ Satuan Pendidikan adalah pihak yang melakukan PBJ Satuan Pendidikan dengan dan atas nama Satuan Pendidikan. Pelaksana PBJ di satuan pendidikan adalah kepala satuan pendidikan. Kepala satuan pendidikan berwenang dan bertanggung jawab melaksanakan PBJ Satuan Pendidikan.

Dalam melaksanakan kewenangan dan tanggung jawab Pelaksana PBJ di Satuan Pendidikan, jika dibutuhkan kepala Satuan Pendidikan dapat menunjuk pendidik dan/atau tenaga kependidikan secara perorangan atau kelompok kerja untuk melaksanakan PBJ Satuan Pendidikan. Untuk mengakomodasi hal tersebut pada Aplikasi dapodikdasmen telah ditambahkan referensi baru “Pelaksana PBJ” pada data Tugas Tambahan GTK

Untuk mengaktifkan referensi baru tersebut dan melakukan pengisian datanya, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Lakukan sinkronisasi Aplikasi Dapodikdasmen versi 2020. Langkah ini bertujuan untuk menurunkan referensi baru “Pelaksana PBJ” ke dalam Aplikasi Dapodikdasmen.
  2. Kepala Sekolah dapat menunjuk dan menetapkan pendidik dan/atau tenaga kependidikan sebagai pelaksana PBJ.
  3. Isi data SK Pelaksana PBJ di Aplikasi Dapodikdasmen pada data Tugas Tambahan di fitur Formulir GTK (Data Rincian GTK)
  4. Periksa hasil input data Pelaksana PBJ pada daftar tugas tambahan yang ada pada menu GTK
  5. Perlu dipastikan pula GTK yang memiliki tugas tambahan Pelaksana PBJ telah memiliki akun GTK.
  6. Lakukan sinkronisasi untuk mengirim data Pelaksana PBJ
Demikian informasi yang kami sampaikan. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Salam Satu Data,
Admin Dapodik


Sumber : disini
Share:

Kamis, 20 Februari 2020

Penerima PIP Tahun 2020 Tahap SK 1

Daftar nama-nama siswa SMA Tamansiswa Padang penerima PIP Tahun 2020 Tahap SK 1 sebagai berikut :

NONAMAKELASNO REKENINGTAHAP SK
1
JOKO FERNANDO
12
627818083
1
2
KEVIN AGIRTA
12
868202499
1
3
NOOR CHAIRANI
12
627792459
1
4
TSAQIB HAIDAR HAKIM
12
627818174
1
5
UMMUL KHAIRANI
12
639166267
1
6
WAHYU OKTAVIANDI
12
627818254
1
Share:

Selasa, 22 Oktober 2019

Asyiknya e-Rapor di SMA Tamansiswa Padang


Di SMA Tamansiswa Padang, penggunaan aplikasi e-rapor sudah memasuki tahun keempat. Masa-masa repotnya aplikasi e-rapor sudah bisa dilewati. Maka tidak mengherankan jika SMA Tamansiswa Padang termasuk salah satu SMA yang lebih dulu menggunakan aplikasi e-rapor ini sebelum SMA lain menggunakannya.

Berkat dukungan dan kerjasama semua warga sekolah, para guru sudah mulai terbiasa dengan teknologi yang sangat memudahkan ini. Asalkan diiringi dengan niat dan tekat yang kuat, maka semua kesulitan akan bisa teratasi. Dengan adanya e-Rapor sangat membantu dalam laporan penilaian serta Dapodik yang otomatis terkontrol juga dari segi nama siswa, jumlah siswa di rombel serta pengiriman nilai ke dapodik disemester genap. 

e-Rapor di SMA Tamansiswa Padang berada pada sebuar PC Server yang didalamnya berinduk Dapodik, Sungguh sangat menggembirakan dengan adanya PC Server tersebut, karena guru-guru tidak perlu lagi harus mengerjakan e-rapor di ruang komputer. Sekarang, guru-guru sudah bisa mengerjakan e-rapor itu dimanapun dan kapanpun. Tentu saja hal ini serasa bagaikan enzim yang dapat berfungsi menurunkan energi aktivasi bagi guru-guru. Penghematan energi dalam hal ini baik dari sudut tempat ataupun waktu, kiranya dapat dimanfaatkan untuk hal-hal lain yang dapat menunjang keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran.

Ketika e-rapor tidak lagi harus dikerjakan di ruang komputer sekolah, maka e-rapor dapat dibawa pulang. Guru-guru dapat mengerjakan aplikasi ini dengan mudah dan santai. Tidak lagi harus terperangkap di ruang komputer yang bisa membuat jenuh. Suasana yang santai di rumah atau bahkan para ibu guru bisa sambil mencuci pakaian (menggunakan mesin cuci) dalam menyelesaian input data e-rapor ini.

Beberapa keuntungan yang dapat dirasakan selama menggunakan aplikasi e-Rapor ini diantaranya: 

  • Praktis ; hanya dengan sekali input data nilai siswa, kita tidak lagi perlu menginput nilai di dapodik, karena tinggal sinkron saja e-Rapor dengan dapodik
  • Fleksibel bisa menentukan penilaian berdasarkan karakteristik Kompetensi Dasar, sebab dalam Kurikulum 2013 sangat banyak jenis penilaian yang  bisa kita terapkan. selain itu bobot penilaian juga bisa kita sesuaikan sendiri.
  • Akuntabel ; Tanpa harus melakukan perhitungan , Anda secara otomatis sudah mendapatkan hasil akhir yang sudah diolah oleh sistem tanpa takut salah perhitungan.
  • Banyak keuntungan bagi Walikelas ; Wali kelas juga tidak lagi terbebani dengan menulis lembar demi lembar rapor siswa, wali kelas juga bisa memantau proses input nilai dari Tab perencanaan penilaian hingga Kirim nilai yang dibuat guru mata pelajaran melalui tampilan status penilaian di akun wali kelas dengan gambar checklist bewarna hijau jika sudah selesai dan berwarna merah jika belum selesai melalui akun wali kelas.
  • Bisa diinput melalui jaringan ; Anda bisa mengerjakan e-rapor melalui laptop atau PC dimanapun dan kapanpun asalkan ada jaringan internet dan server dalam keadaan hidup
Sesungguhnya, pemanfaatan kemajuan teknologi sangat membantu dalam penyelesaian tugas-tugas guru. Maka, menjadi guru di zaman now harus berani berubah mengikuti perkembangan teknologi yang ada jika tidak ingin kehabisan energi sehingga hanya bisa diam di tempat saja. Jika demikian, bagaimana guru tersebut dapat menyiapkan generasi yang akan hidup di masa mendatang yang dipenuhi berbagai kemajuan teknologi jika gurunya pun tidak berkeinginan untuk itu.
Share:

PAPAN PENGUMUMAN

Pengumuman Kelulusan Siswa/i SMA Tamansiswa Padang dapat dilihat di web sekolah Tanggal 6 Mei 2024 Pukul 21.00 Wib. Terimakasih

Kepala Sekolah

Reny Sifat, S.Pd
NIP YYS. 2003.1999.2

Kontak Sekolah

Telp : 0751 - 40408 / 7053654
 Email : admin@smatamsispadang.sch.id
Selengkapnya

Info Sekolah

Materi Ajar

Info Alumni

Galeri Foto

Sponsor

UNBKSIMPKBPIPVervalpdDHGTKBidikmisiSNMPTNKemdikbud

Label

(PPDB) SMA TAMANSISWA PADANG TP. 2023/2024

(PPDB)SMA TAMANSISWA PADANG TP. 2023/2024

HUT Tamansiswa Ke-100